Ini Yang Harus Anda Persiapkan Bila Ingin Liburan Ke Pulau Tidung

Obyek wisata Pulau Tidung kian populer di kalangan para pelancong baik turis lokal atau wisatawan mancanegara. Tak heran bila di akhir pekan atau musim-musim liburan destinasi wisata tersebut dipadati oleh masyarakat terutama yang berdomisili di kawasan ibukota dan sekitarnya untuk sekedar melepas penat karena aktivitas harian yang sibuk. Destinasi wisata yang ditawarkan oleh obyek wisata ini juga cukup beragam, mulai dari Jembatan Cinta, Pantai Saung Perawan, Wisata Pulau Tidung Kecil, hingga spot snorkeling cantik di sekitar Pulau Tidung. Anda ingin acara liburan Anda berjalan nyaman dan menyenangkan di Pulau Tidung? Simak ulasan berikut ini.

Persiapan liburan ke Pulau Tidung

Momen-momen liburan ke Pulau Tidung yang sudah lama dinantikan tentu akan sangat mengecewakan bila tak dapat dinikmati dengan maksimal. Untuk menghindari hal tersebut inilah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan.

Reservasi hotel – Sebelum berlibur dengan pada waktu yang Anda jadwalkan sebaiknya jauh-jauh hari lakukan pemesanan atau reservasi penginapan. Selain itu Anda juga sebaiknya memesan kendaraan sewaan agar acara melancong ke berbagai destinasi wisata favorit di pulau tersebut berjalan lancar.

pulaucinta

Panduan wisata – Bagi para wisatawan yang baru kali pertama berkunjung ke Pulau Tidung, sebelum jadwal berlibur Anda sebaiknya mulailah mencari informasi tentang panduan wisata di tempat tersebut. Ada beragam sumber yang bisa Anda manfaatkan mulai dari situs pariwisata, forum-forum jalan-jalan di internet, hingga kolega atau teman-teman yang sudah pernah berlibur ke Pulau Tidung. Beberapa hal yang perlu diketahui adalah kebiasaan masyarakat, keunikan obyek wisata tersebut, destinasi wisata favorit, dan seterusnya.

Daftar barang-barang yang harus dibawa – Agar tak repot saat packing sebaiknya Anda membuat catatan barang-barang yang akan dibawa berlibur ke Pulau Tidung. Kebiasaan ini juga untuk mengantisipasi ada barang penting yang tertinggal di rumah. Jangan lupa membawa buku notes dan bolpoin dalam dompet Anda. Walaupun terlihat sepele tetapi barang-barang tersebut kerap dibutuhkan, misalnya untuk mencatat atau menggambar sesuatu.

Jangan membawa terlalu banyak barang – Demi kepraktisan sebaiknya bawalah hanya barang-barang yang bermanfaat untuk liburan ke Pulau Tidung. Terlalu banyak membawa barang akan menyulitkan mobilitas Anda. Karena itu sejak awal pertimbangkan baik-baik barang apa saja yang hendak Anda bawa pergi liburan.

Istirahat cukup – Menjelang keberangkatan upayakan Anda cukup beristirahat. Beberapa hari sebelumnya tidurlah 7 atau 8  jam setiap hari. Perjalanan ke Pulau Tidung akan cukup menguras fisik apalagi bagi mereka yang tak terbiasa, belum lagi untuk yang sering mengalami mabuk laut. Kondisi fisik yang prima akan meminimalkan resiko mabuk, masuk angin, dan gangguan kesehatan dalam perjalanan lainnya. Saat keberangkatan tak jarang terjadi penundaan sehingga penumpang harus menunggu cukup lama. Ini juga membutuhkan kondisi fisik yang bugar agar tak kelelahan. Terakhir, adalah kondisi cuaca yang berangin dan lembab yang mungkin akan berpengaruh bagi kesehatan.

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang – Jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang agar kondisi tubuh tak menurun menjelang keberangkatan. Makanlah lebih banyak sayuran dan buah yang kaya vitamin dan mineral. Kebiasaan ini  idealnya dilakukan setiap hari dan tak hanya menjelang liburan saja agar tubuh selalu sehat dan resiko terserang virus atau bakteri yang merugikan kesehatan menjadi lebih minim.

Periksa ulang barang bawaan – Menjelang kepergian Anda, lakukan pemeriksaan akhir agar benar-benar tak ada barang tertinggal. Barang-barang yang umum dibawa serta saat liburan ke pantai adalah outfit yang sesuai, kamera, obat-obatan ringan, tabir surya, dan sandal ringan. Jangan lupa siapkan snack untuk pengganjal perut bila lapar di dalam perjalanan.

Obat-obatan – Untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan seperti masuk angin, mabuk, atau pusing, jangan lupa berbekal obat-obatan ringan. Jangan lupakan plester luka, minyak kayu putih, dan balsam.

Minum air putih – Saat di perjalanan hingga tiba di lokasi wisata Pulau Tidung jangan lupa untuk mengonsumsi banyak air. Kebiasaan ini akan mencegah tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan yang bisa menyebabkan pusing, kurang konsentrasi, serta lemas.

Menggerakkan tubuh – Perjalanan menyeberang ke Pulau Tidung dari dermaga Muara Angke membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan mungkin akan lebih lama bila perjalanan Anda ditunda. Duduk berjam-jam seringkali memicu kesemutan dan pegal-pegal karena peredaran darah yang kurang lancar. Inilah sebabnya Anda perlu menggerakkan tubuh misalnya dengan berjalan-jalan di lorong kapal.

Perhatikan anak-anak –  Berwisata dengan membawa buah hati bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Bila menempuh perjalanan panjang mungkin mereka akan rewel karena bosan. Untuk itu bawakan mainan kesayangan mereka tetapi sebaiknya yang mudah dibawa dan tak terlalu berat. Buku cerita juga bisa menjadi alternatif yang sesuai. Membacakan cerita favorit si kecil akan mengalihkan perhatian dari kebosanan di dalam perjalanan. Untuk mengantisipasi agar si kecil tak menjadi korban kejahatan, terus-menerus nasehati mereka untuk tak menjauh dari Anda, tak menerima makanan atau minuman dari orang asing, serta tak berbicara dengan orang asing tanpa sepengetahuan Anda.

Menyesuaikan diri – Saat sudah tiba di Pulau Tidung cobalah beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Perlu diketahui bahwa di tempat ini tak ada nama jalan sehingga Anda harus menghafalkan nomor rumah serta RT dan RW agar tak tersesat saat hendak kembali ke penginapan setelah berjalan-jalan. Bila perlu foto penginapan Anda sekaligus jalanan di sekitarnya.

Tetap waspada saat wisata kuliner – Liburan memang kurang seru tanpa wisata kuliner tetapi ini tak boleh menjadi alasan untuk mengonsumsi berbagai makanan secara sembarangan. Sebaiknya Anda menghindari membeli makanan dengan kondisi tak layak, misalnya kurang higienis atau terlihat tak segar. Konsumsilah hanya air mineral dalam kemasan untuk  menghindari gangguan pencernaan karena berbagai macam penyebab. Perlu Anda ketahui bahwa dua perlima dari wisatawan mengalami diare karena kurang memperhatikan hidangan yang dikonsumsi selama berlibur. Tentu ini akan mengganggu acara liburan, bukan?

Menjaga kebersihan – Cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan dimana pun Anda berada adalah dengan menjaga kebersihan. Biasakan untuk mencuci tangan dan kaki setiap kali setelah bepergian atau sebelum makan.

Informasi kondisi darurat – Bersiaplah atas segala kondisi dengan cara mengetahui lokasi rumah sakit, kantor polisi, ATM terdekat. Walaupun Anda berlibur dengan paket wisata dari tour organizer tak ada salahnya membekali diri dengan informasi demikian.

senja

Di Pulau Tidung Anda bisa melakukan beragam aktivitas wisata yang seru, mulai dari bermain di pantai, naik banana boat, bersepeda menjelajahi pulau, meniti Jembatan Cinta untuk menuju Pulau Tidung Kecil, hingga melihat-lihat lokasi budidaya tanaman mangrove. Jangan lupa  untuk mampir di pantai Saung Perawan dan menikmati wisata bahari di tempat yang masih jarang dikunjungi ini. Terakhir, abadikan momen seru wisata Anda di pulau cantik Kepulauan Seribu ini.

Nah, selamat berlibur di Pulau Tidung.

  © 2014 | Pulautidungindonesia.com | Paket Wisata Pulau Tidung Murah