Pemerintah Merencanakan Kepulauan Seribu jadi KEK Pariwisata

jembatan-cinta-pulau-tidung

Tidak lama lagi, Kepulauan Seribu tampaknya akan menyandang status baru sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan, Edy Putra Irawady.

“Ini ide dari empat tahun lalu, nanti ada pulau khusus untuk ‘shopping’, pulau untuk pelatihan dan pendidikan, pulau untuk tempat tinggal dan pulau untuk wisata sejarah,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/1/2014) sebagaimana dilansir Kompas.

cottage-pulau-seribu

Edy menambahkan bahwa ide ini sedang dipertimbangkan, dan dilakukan pematangan, termasuk pembicaraan terkait koordinasi antarinstansi, kewenangan administratif yang berada di kawasan kepulauan seribu serta keterlibatan tiga pemerintah provinsi sekaligus.

“Kalau semua sudah sepaham, nanti dibahas lagi di kantor Kemenko Perekonomian. Ini nanti menyangkut tiga provinsi, karena KEK biasa hanya satu provinsi. Pembahasan termasuk siapa badan pengelolanya dan harus dibagi zona,” ujarnya.

Edy mengatakan pematangan ide ini dilakukan untuk mengantisipasi hambatan dari implementasi KEK Pariwisata Kepulauan Seribu, yaitu antara lain karena masing-masing pulau memiliki pengelola tersendiri dan koordinasi belum memadai antara otoritas berwenang di kawasan itu.

“Kalau ini bisa kita kembangkan, akan menjadi luar biasa. Selama ini Kemenparekraf membangun destinasi dan jasa, tapi koordinasi nanti di kita. Termasuk dalam penyediaan pelabuhan, resort, ‘clearance’ dan imigrasi serta fasilitas olahraga air,” paparnya.

Melihat ide ini, jika pengembangan KEK Pariwisata di Kepulauan Seribu dapat terwujud dan berjalan dengan baik, maka bisa dipastikan kunjungan wisata ke berbagai pulau di Kepulauan Seribu akan semakin meningkat. Misal Pulau Tidung adalah tempat Wisata Belanja, kemudian Pulau Pramuka adalah kawasan wisata Pendidikan dan Pelatihan, Pulau Pari wisata watersport, dan lain-lain. Kemudian armada transportasi antar pulau mulai diperbanyak, dari Pulau Tidung ke Pulau Pari, Pulau Pramuka dan lainnya ada armada reguler. Syukur-syukur, bisa menyaingi wisata belanja seperti di Singapura, siapa tahu?

 

 

Last 5 posts in Blog

Updated: February 19, 2014 — 5:03 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

  © 2014 | Pulautidungindonesia.com | Paket Wisata Pulau Tidung Murah